Freemium

Model bisnis untuk produk SaaS (Software as a Service) di mana semua fitur disediakan secara gratis, dengan limitasi kuantitas (credits) tertentu. Untuk menambah credits diperlukan biaya.

Swipe untuk geser..

Semua Dibuka

Ngga ada fitur yang ditutup, semuanya diberikan ke customer. Supaya memberikan experience yang maksimal.

Batasan Kuantitas

Biasanya untuk di versi free, ada batasan angka. Misal untuk 3 pengguna aja. Atau untuk 10 kali proses setiap bulan. Atau 5 domains, dan seterusnya.

Upgrade Berbayar

Setelah customer ngerasa cocok dengan fitur yang ada, dan butuh untuk menambah limitasi, mereka bisa melakukan upgrade ke plan yang lebih tinggi.

Customer Acquisition

Ini termasuk strategi acquisition yang cukup efektif, karena bisa menjangkau segmen bawah. Customer ngga dipaksa untuk langsung bayar ketika bisnis mereka masih ada di fase starting.

Conversion Rate

Secara rata-rata, strategi freemium ini bisa menarik 10% pengguna untuk upgrade ke versi berbayar. Jika SaaS berhasil mendapatkan 10.000 pengguna, maka 1.000 dari mereka berpotensi jadi paid customer.