Churn Rate

Persentase pelanggan yang berhenti menggunakan produk atau layanan dalam periode waktu tertentu, sering digunakan untuk mengukur kesehatan bisnis.

Swipe untuk geser..

Indikator Kesehatan

Churn Rate menunjukkan seberapa baik perusahaan mempertahankan pelanggannya, yang merupakan indikator penting kesehatan bisnis.

Rumus Churn

Churn Rate dihitung dengan membagi jumlah pelanggan yang hilang dalam periode tertentu dengan jumlah pelanggan awal, kemudian dikali 100%.

Faktor Penyebab

Penyebab churn bisa beragam, mulai dari ketidakpuasan pelanggan, masalah harga, hingga kompetitor yang lebih baik.

Strategi Retensi

Untuk mengurangi churn, bisnis perlu mengembangkan strategi retensi seperti meningkatkan kualitas layanan dan memperkenalkan program loyalitas.

Analisis Data

Analisis churn rate secara berkala membantu bisnis dalam mengambil keputusan berdasarkan data dan mengidentifikasi area perbaikan.