Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM

Peluang Usaha Rumahan; Solusi Cerdas Buat Usaha Sampingan

Memasuki usia dewasa, seseorang sudah pasti mulai memikirkan hidup mandiri tanpa meminta uang atau dukungan dana dari orangtua maupun yang selama ini menanggung kebutuhan hidupnya. Apalagi jika sudah mendapatkan gelar sarjana, atau lulus sekolah menengah atas maupun kejuruan. Rasa-rasanya tidak nyaman sekali bukan, jika sudah mendapat gemblengan ilmu maupun skill lantas berdiam diri saja tanpa melakukan usaha mencari uang?

Hmm, apalagi jika kemudian disandangi predikat ”pengangguran”. Ngeri-ngeri sedap!

Saya sendiri pernah merasakan mendapatkan cap seperti itu selepas lulus S1 dan masih bingung mau mencari kerja dimana. Menurut saya nih ya, banyaknya lulusan sekolah menengah atas dan kejuruan ditambah lulusan perguruan tinggi tak sebanding dengan peluang lowongan kerja yang ada.

Tren yang masih cukup tenar di kalangan orangtua memang menjadi pekerja kantoran, berseragam, berangkat pagi pulang sore itu adalah idaman. Wah tapi jangan salah! Karena belum tentu kesempatan mendapat pemasukan dari pekerjaan itu sesuai dengan angan-angan.

Lantas bagaimana jika peluang lowongan pekerjaan tak sebanding dengan jumlah lulusan yang ada? Menurut saya kuncinya memang perlu membangun sebuah usaha!

Ya, usaha yang menghasilkan uang tentunya. Income yang diangan-angankan dapat mencukupi kebutuhan hidup, tabungan masa depan, dan hal lain-lain yang dibutuhkan setiap individu.
Banyak yang beranggapan kalau membangun suatu bisnis itu sulit. Beberapa hal yang menurut kebanyakan orang membuat mereka ragu membuka usaha adalah:

Terkait modal sebenarnya bisa diatasi dengan menabung. Pada awalnya kita bisa memulai dengan bekerja atau ikut kerja ke orang yang memiliki usaha, misal jika tertarik dengan dunia kuliner, maka kita bisa mencoba bergabung ke usaha kuliner yang sudah mapan. Lumayan. Bisa mendapatkan gaji yang ditabung untuk modal memulai bisnis sendiri, dan sekaligus mendapatkan ilmu serta pengalaman. Benar bukan?

Namun memang menempuh jalan tersebut harus memperbanyak sabar karena cukup memakan waktu sampai kita mampu memiliki bisnis sendiri.

Di lain sisi ada yang menginginkan jalan pintas. Yaitu mengambil hutang. Hutang itu kemudian diputar sebagai modal dan sambil membuka usaha mulai menimba ilmu dan memperbanyak pengalaman sebanyak-banyaknya.

Yang terpenting tentunya niat. Dengan adanya niat yang kuat, pasti keinginan membangun bisnis bisa terlaksana dengan mudah.
Jika modal, ilmu dan pengalaman, serta niat telah ada, maka kita tinggal menentukan keinginan mau membuka usaha apa. Nah, ini yang cukup sulit. Beberapa orang bingung menentukan pilihan karena dua hal berikut:

  • Membuka usaha sesuai passion tapi di pasar kurang menjual
  • Membuka usaha yang dapat menjual di pasar namun tidak sesuai passion

Jika sudah demikian, bagaimana solusinya? Solusinya adalah mampu mebaca peluang usaha!

Nah, disini akan saya bahas tentang 10 peluang usaha rumahan yang bisa Anda jadikan rekomendasi, baik bagi diri sendiri maupun kerabat yang ingin membuka usaha, dilengkapi dengan penjelasan usaha, bagaimana trennya di pasar, dan tentunya berapa kisaran pendapatan yang bisa Anda dapatkan.

Peluang-peluang usaha ini sudah terbukti mampu menghasilkan income yang cukup banyak, bahkan bisa menandingi gaji karyawan meskipun tidak bekerja di kantor dan tidak berseragam. Anda tertarik?

Oke kita bahas satu per satu.

Menjadi Guru Les

Bagi yang menyukai dunia pendidikan, memiliki latar belakang atau minimal memahami dunia pendidikan, menyukai anak-anak dan remaja, sepertinya kesempatan untuk menjadi guru les atau kursus bisa dipertimbangkan.

Selain tak memerlukan banyak modal, cukup berbekal ketrampilan dan ilmu yang Anda miliki, Anda bisa menggaet pasar dengan mudah. Jika Anda tak memiliki cukup dana untuk membangun ruangan atau gedung tempat les/kursus, Anda bisa melakukannya dengan metode bisnis les/kursus privat.

Penting untuk diketahui juga sih, bahwa jasa les/kursus privat jauh lebih diminati karena konsumen merasa lebih leluasa dalam belajar langsung secara face to face dengan Tentor daripada harus berbagi kelas bersama orang lain.

Tapi bagaimana jika Anda tak memiliki latar belakang atau kurang menyukai dunia pendidikan? Bukan sarjana atau hanya lulusan SMA bahkan SMP?
Nah, poin 2 ini adalah jawabannya!

Penulis Artikel Freelance

Selama Anda mampu baca-tulis, memiliki kemampuan menulis artikel, tak ada salahnya mencoba kesempatan sebagai penulis artikel freelance. Selain Anda tak perlu bekerja di kantor, bisa menyesuaikan jam kerja dengan kesibukan Anda, penghasilan per-artikelnya pun lumayan banyak. Bagaimana jika Anda mampu menulis beberapa artikel dalam sehari? Bisa dibayangkan sendiri.

Keuntungan lainnya adalah Anda tak terikat kontrak ketat meski bekerja pada orang. Biasanya jika pekerjaan bersifat freelance maka sesuai dengan kemampuan pekerja, baik jumlah artikel yang mampu ditulis, jam bekerja, dan mau bekerja selama berapa lama.

Sampai disini, Anda masih belum berminat?

Tenang. Anda bisa melihat peluang usaha lain di bidang jasa. Keuntungan yang Anda dapatkan dari menjalankan usaha bersifat jasa tentu Anda tak perlu stock barang, tak perlu mendatangkan barang dagangan, cukup mengandalkan skill dan sedikit modal untuk mendukung usaha Anda.

Poin 3 sampai 8 di bawah ini akan membahas tentang peluang usaha rumahan bersifat jasa.

Jasa Potong Rambut dan Perawatan Tubuh

Bagi yang memiliki bakat tata rambut dan fashion bisa mencoba peluang usaha jasa potong rambut dan perawatan tubuh. Ada berbagai macam model bisnis jasa yang bisa ditawarkan, mulai dari mendirikan salon khusus, sampai jasa private alias datang ke rumah.

Nah, yang belum memiliki banyak modal bisa mencoba memakai tipe kedua, datang ke rumah pelanggan. Pelanggan tak perlu capek keluar rumah, Anda pun tak perlu mendirikan usaha salon yang tentunya membutuhkan biaya tak sedikit.

Kenapa usaha ini dibutuhkan?

Tren fashion semakin berkembang seiring berkembangnya zaman teknologi ini, jadi saya rasa memang hal ini cukup menguntungkan untuk dijadikan sebuah sumber pemasukan.
Fashion juga perlu ditunjang oleh banyak hal. Termasuk salah satunya adalah tatanan rambut. Sehingga bagi Anda yang menyukai dunia penataan rambut, ditambah dengan perawatan tubuh, bisa mencoba peluang bisnis model jasa yang satu ini.

Membuka Jasa Menjahit.

Tak tertarik dengan dunia perawatan rambut dan tubuh namun menyukai fashion? Jika Anda memiliki kemampuan menjahit, bahkan mendesain sebuah pakaian, Anda bisa membuka usaha jasa menjahit.

Modal mungkin hanya akan keluar untuk peralatan jahit, tak perlu baru karena Anda bisa membeli bekas yang masih layak pakai. Semakin berkembangnya tren fashion makin banyak konsumen yang menginginkan mode kekinian dan tidak pasaran.

Maka menjahitkan sendiri pakaiannya adalah solusi terbaik. Bukankah ini kesempatan berharga?

Jasa Laundry

Selain melirik jasa yang membutuhkan skill, Anda bisa juga menawarkan usaha jasa yang membutuhkan skill setiap orang mampu melakukannya. Dimana kemampuan tersebut semua orang pasti memilikinya.

Salah satunya adalah mencuci.

Mencuci baju memang menjadi kemampuan siapapun, namun semua tergantung beberapa hal ini:

  • Terkendala waktu, tak sempat mencuci, cucian menumpuk.
  • Anggota keluarga banyak sehingga kesulitan mencuci secara bergantian atau mencucikan semuanya.
  • Sekedar ingin beristirahat dari mencuci yang cukup melelahkan.
  • Ingin praktis: cucian wangi, rapi tersetrika, tinggal pakai.

Empat hal tersebut sangat cocok untuk melatari adanya peluang usaha jasa laundry. Cukup bermodal mesin cuci, bekas pun bisa asal layak pakai, atau Anda mau mencuci dengan tangan kosong dan mengajak para tetangga membantu sebagai pegawai Anda, usaha ini sudah bisa dijalankan.

Jasa Pencucian Kendaraan Bermotor

Dunia cuci-mencuci ternyata dewasa ini tak melulu berfokus pada pakaian, namun juga kendaraan bermotor. Melihat di negara kita ini kendaraan bermotor sudah berubah statusnya menjadi kebutuhan primer, sehingga hampir setiap orang memilikinya.

Untuk awalan, Anda bisa menjadi Tukang Cuci Motor/Mobil Private, datang ke rumah pelanggan membawa alat cuci. Namun untuk Anda yang memiliki cukup modal, bisa langsung membuka bisnis rumah cuci kendaraan bermotor.

Penitipan Anak

Berbagai tempat penitipan tak hanya menyediakan jasa menjaga anak saja, namun juga pendidikan tambahan seperti baca tulis, hafalan Quran, bermain, makan siang, dan masih banyak lagi.

Jika Anda berfikir tentang modal, Anda bisa menggunakan ruang kosong di bagian rumah, seperti garasi, atau ruang tamu dan keluarga untuk menjadikannya sebagai tempat bermain dan belajar anak.

Anda bisa mengajak anggota keluarga atau rekan untuk bekerja dengan Anda. Ini juga bagus untuk memberikan mereka kesempatan kerja. Belilah beberapa mainan edukasi dan peralatan untuk anak untuk menunjang usaha ini.

Banyaknya wanita karier dewasa ini membuat peluang usaha ini makin berkembang, karena mereka lebih nyaman menitipkan anak dalam pengawasan banyak orang daripada satu orang di dalam rumah, terutama saat para Ibu yang bekerja.

Jasa Penitipan Hewan

Berbicara tentang anak, bagi mereka yang masih single atau berkeluarga, beberapa memilih mengisi rumah yang masih belum memiliki kesempatan adanya anak di dalamnya dengan menghadirkan hewan peliharaan. Tak hanya alasan sebagai teman, hewan peliharaan juga bisa menjadi pembangkit mood sang Pemilik.

Seperti merawat anak, merawat hewan peliharaan juga membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Tak sembarang orang bisa dipercaya melakukannya. Meskipun juga tak melulu harus memiliki skill khusus terkait bidang tersebut.

Jika Anda menyukai dunia hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, hamster, dan sejenisnya, Anda bisa mengambil peluang bisnis jasa penitipan hewan yang bisa jadi Anda lengkapi dengan jasa salon hewan dan klinik hewan.

Jika Anda seorang dokter hewan tentu lebih memudahkan lagi dalam Anda mengelola usaha ini!

Anda cukup membutuhkan beberapa kandang, atau jika modal tak begitu banyak berikan syarat kepada para Owner untuk membawa hewan peliharaan beserta kandangnya. Masalah pakan bisa didiskusikan dengan pelanggan, ingin disediakan atau membawa sendiri. Jika Anda menyukai hewan, bukankah merawat mereka sambil mendapat keuntungan dari peluang bisnis ini adalah hal yang menyenangkan?

Selain beberapa peluang usaha di bidang jasa, Anda juga bisa membuka bisnis rumahan yang sifatnya berdagang barang. Model bisnis tersebut meskipun Anda akan membutuhkan modal untuk penyediaan barang atau bahan bakunya, namun Anda bisa melakukan kegiatan usaha dan mengontrolnya dari dalam rumah. Keuntungannya tak sedikit lho!

Nah, nomor 9 dan 10 inilah jawabannya!

Membuka Warung Kelontong

Bicara tentang kebutuhan primer, ternyata kita tak bisa menampik bahwa tak hanya hal-hal besar saja, seperti pakaian atau kendaraan saja, yang dibutuhkan manusia dalam kehidupannya kini. Untuk mencuci tentu membutuhkan sabun, mandi membutuhkan alat mandi, menyiapkan makanan membutuhkan alat masak dan bahan-bahan makanan, serta masih banyak lagi.

Maka tak heran jika peluang bisnis membuka warung kelontong masih cukup menjadi primadona di masyarakat kita. Barang yang dijual juga tak membutuhkan banyak modal karena barang-barang kecil namun sering dicari orang. Kalau tak memiliki toko khusus, Anda bisa memasang etalase di teras rumah.

Tak hanya warung kelontong yang bisa menyediakan berbagai kebutuhan primer atau sehari-hari masyarakat, namun penyediaan jasa pelayanan seperti penitipan anak juga mula dilirik terutama kalangan perempuan yang memang menyukai dunia anak-anak dan pendidikan.

Budidaya Ikan Lele

Sekarang sedang tren usaha budidaya berbagai macam ikan, namun yang masih memiliki pesona paling atas adalah budidaya ikan lele.

Ikan lele cukup digemari di kalangan pecinta kuliner karena ikan ini dapat diolah dalam berbagai jenis masakan, selain rasanya juga enak. Bagi pengusaha kuliner, ketersediaan bahan baku ikan lele ini menjadi inti utama berjalannya usaha mereka. Sehingga jika Anda termasuk pecinta hewan, telaten, dan sabar dalam mengelola usaha yang berbasis peternakan, tak ada salahnya mengambil kesempatan bisnis ini.

Meski mengeluarkan modal cukup banyak di awal usaha, namun keuntungan Anda bisa berlipat-lipat bukan?

Nah, jika berbagai gambaran peluang usaha rumahan di atas sudah Anda dapatkan, kini saatnya Anda take an action!

Mulailah meraba minat usaha Anda kemana, perkuat niat bahwa Anda ingin membangun sebuah bisnis alih-alih bekerja kantoran karena semakin menipisnya kesempatan lowongan kerja, mulailah mencari celah bagaimana agar modal yang Anda keluarkan cukup atau bahkan bisa dikatakan sedikit namun bisa menghasilkan sebuah tampilan usaha yang bagus dan profesional, serta menganilisis apakah bisnis yang akan Anda jalankan diminati pasar atau tidak.

Jadi, apakah Anda masih ragu untuk membuka usaha ketika banyak peluang usaha di depan mata? (sof)