Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM

Peluang Usaha Online

Menjual Produk Secara Online di Website Sendiri

Anda memiliki website atau kemampuan mengoperasikan website secara mandiri? Kesempatan emas! Karena dengan bermodalkan website pribadi tersebut Anda bisa mencoba peluang usaha sebagai penjual produk secara online.

Ambil beberapa produk yang akan Anda tawarkan ke pasar, percantik tampilan gambarnya agar menarik namun jangan sampai menipu calon konsumen dengan menampilkan foto produk yang tidak real / sesuai dengan kondisi asli produk, kemudian buatlah artikel marketing yang cocok untuk memasarkannya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memulai bisnis ini:

  • Pastikan website Anda memiliki tampilan menarik dan dapat diakses.
  • Produk yang akan Anda jual diambil dari Produsen terpercaya, jika Anda memilih stock barang dulu lebih baik Anda foto sendiri barangnya dan percantik menurut kreasi Anda sendiri. Namun jika Anda dropshipper, maka pilihlah foto yang mendekati real agar konsumen tak merasa tertipu sehingga kapok berbelanja kepada Anda.
  • Tulislah artikel tentang produk tersebut dalam bahasa marketing yang dapat dimengerti dan menarik. Jika Anda berkenan, Anda bisa memakai jasa penulis artikel SEO.

Berjualan di Pasar Online / Marketplace

Bagaimana jika Anda tak memiliki atau tak mampu mengoperasikan website sendiri? Tenang. Anda bisa mengambil kesempatan bisnis dengan berjualan di pasar online atau marketplace. Di Indonesia ini, ada banyak pasar online yang bisa Anda pilih sebagai tempat Anda berjualan.

Perhatikan mana yang paling membuat Anda nyaman dari segi alur penjualan dan pembelian barang, pengiriman, sampai masalah alur masuk keluarnya uang.

Beberapa pasar online itu adalah:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Shopee
  • JD.id dan masih banyak lagi….

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah, Anda tak perlu repot-repot mengurus atau membuat website sendiri, karena mereka telah menyiapkan lapak bisnis bagi Anda. Pangsa pasar juga besar, sehingga barang-barang dagangan Anda bisa mendapat kesempatan laku lebih besar. Selain itu, setelah membuat akun, Anda bisa langsung berjualan sesuka hati.

Berjualan Tanpa Resiko dengan Menjadi Dropshipper

Yang menjadi pertanyaan lain adalah, jika Anda telah memiliki akun di marketplace atau ada website pribadi, namun tak memiliki produk dan belum ada modal untuk stock barang. Apa yang harus
dilakukan? Nah, jika begitu kasusnya, Anda bisa mengambil peluang bisnis dengan menjadi dropshipper.

Kesempatan usaha ini dikatakan cukup minim resiko. Bagaimana bisa? Bisa saja, sebab:

  • Anda tak perlu keluar modal banyak untuk memulai bisnisnya, sehingga tak perlu takut rugi jika barang dagangan tak laku-laku.
  • Beberapa Produsen barang biasanya telah menyiapkan berbagai fitur marketing barang yang bisa Anda pakai, seperti konten, foto, dan sebagainya. Jadi Anda tak perlu repot membuat foto atau kontennya lagi.
  • Barang akan langsung dikirimkan ke konsumen, tanpa Anda harus mengurus pengirimannya karena telah diurus oleh pihak produsen.

Jadi intinya, Anda tinggal menjalankan bisnis ini saja dengan semangat! Oh ya, salah satu platform dropship yang bisa Anda pakai adalah SERBU.id, disana banyak barang berkualitas dengan keuntungan besar, jika Anda tertarik silahkan daftar disini.

Menjadi Publisher

Ngomong-ngomong tentang membangun usaha online, para pelaku bisnis baik yang sudah dewasa maupun masih pemula tentu tetap membutuhkan yang namanya marketing agar produknya dikenal dan laku di pasar bukan?

Itulah mengapa hadir media promosi atau marketing bernama iklan. Dimana iklan ini bisa ditampilkan di tempat-tempat yang dirasa dapat dijangkau oleh konsumen sasaran, baik channel televisi, masuk dalam tampilan di aplikasi yang telah terunduh pada smartphone, maupun di website-website yang sering dikunjungi oleh pengguna media online.

Kegunaan iklan yang begitu banyak ini menjadi kesempatan usaha yang bagus untuk Anda yang memiliki skill atau pengetahuan tentang periklanan dengan menangkap peluang bisnis menjadi publisher periklanan.

Untuk menjalankan bisnis online ini Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk modal karena dengan bergabung dalam sebuah agen iklan, Anda bisa menjadi publisher atau si Pemasang Iklan yang nantinya setiap ‘klik’ dari pengunjung pada situs iklan tersebut Anda juga akan mendapatkan keuntungannya.

Salah satu agen iklan yang banyak sekali anggota publishernya adalah Google Adsense. Anda bisa bergabung menjadi bagiannya dan memulai bisnis sebagai publisher sesuai dengan ketentuan yang ada. Nah, jika Anda memiliki website pribadi, baik yang gratisan maupun berbayar, jika website Anda cukup aktif dikunjungi pembaca maka tak ada salahnya memasang iklan di website Anda sendiri.

Mendapatkan Komisi dari Penjualan Produk Affiliate

Poin 5 ini mungkin bagi beberapa orang masih cukup asing, apa sebenarnya jenis bisnis affilite atau yang biasa disebut affiliate marketing ini?

Jadi, jika Anda tertarik menjalankan usaha online jenis ini, Anda tak perlu memiliki skill hebat dalam bidang IT, karena denga bermodalkan website gratisan pun Anda bisa menjalankan bisnis tersebut.

Yang pertama akan saya jelaskan dulu mengenai jenis penjualan produk affiliate itu sendiri dalam rangkaian berikut:

  • Ada beberapa produsen yang memiliki produk dan menawarkan kerjasama dengan para marketer affiliate, mereka disebut vendor atau merchant.
  • Jika Anda berminat bergabung menjadi afiliasi, maka Anda bisa mendaftar pada vendor yang nantinya akan diberikan sebuah link afiliasi yang didalamnya berisi URL alamat website vendor.
  • Dalam link tersebut juga mengandung ID Afiliasi Anda, dimana ID tersebut hanya Anda yang memiliki dan bisa mengaksesnya sebagai pemilik.
  • Setelah Anda bergabung sebagai afiliasi, Anda bisa langsung mulai memasarkan link tersebut kepada para konsumen. Ketika konsumen mengklik link tersebut dan melakukan suatu transaksi pembelian, secara otomatis Anda akan memperoleh komisi dari hasil penjualan tersebut.

Mungkin secara kasaran sistemnya hampir sama dengan dropshipper, dimana kita tak perlu stock barang dan cukup langsung memasarkan produk usaha orang lain, dan hasil penjualannya bisa masuk ke rekening kita. Namun sistem menjadi afiliasi ini bukan sebagai penjual namun sebagai marketer atau kalau di dunia offline sih disebut sales.

Bedanya, kalau sales harus merasakan lelah dengan mendatangi pintu demi pintu konsumen, nah menjadi afiliasi tak perlu itu. Cukup share link ke berbagai jaringan yang Anda miliki, dan komisi hasil penjualan bisa segera masuk ke rekening Anda. Bisnis yang menarik bukan?

Membuat dan Menjual Produk Informasi

Semakin berkembangnya teknologi, apapun mulai bisa diakses melalui dunia online. Bacaan yang semula hanya bisa didapatkan di toko buku atau loper koran, kini bisa diakses melalui protal berita atau e-book.

Ragam e-book dan berbagai produk informasi lain mulai ramai menjadi santapan masyarakat. Baik e-book tentang tutorial, sampai e-book yang merupakan adaptasi dari sebuah buku cetak. Tentunya ini menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk memulai usaha di dunia maya.

Usaha seperti berjualan pakaian, kendaraan, dan kebutuhan rumah tangga sepertinya sudah banyak diminati orang, namun untuk produk-produk informasi, masih kurang diminati. Alasannya adalah kurangnya jaringan dalam mendapatkan produk-produk tersebut.

Padahal, jika Anda mau jeli dan sedikit tekun, Anda bisa mengambil beberapa produk informasi dari produsen terpercaya dan menjualnya kembali. Beberapa produsen menawarkan kesempatan bagi para reseller untuk menawarkan produknya dengan menyediakan konten marketing, Anda bisa langsung eksekusi lapangan.

Menyediakan Jasa Desain Grafis

Nah, bagi Anda yang ahli dalam seni desain grafis, jangan lewatkan kesempatan berbisnis di bidang jasa dengan mengandalkan skill Anda. Kemampuan Anda tersebut mahal, lho! Sangat disayangkan jika Anda melepaskan peluang mendapatkan penghasilan darinya bukan? Untuk itu ada beberapa pilihan bisnis menyangkut jasa desain grafis yang bisa Anda lakukan:

  • Menyediakan jasa desain grafis lewat website pribadi, tampilkan konten-konten menarik dengan memamerkan contoh desain Anda agar calon konsumen berminat, karena percaya desain Anda cantik.
  • Masuk ke dalam komunitas penyedia jasa desain grafis untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar, namun disini Anda biasanya akan bersaing dengan sesama kolega Anda. Mau pilih yang mana?

Menjual Foto Royalty-Free

Poin 8 ini wajib dibaca para pecinta fotografi! Pasalnya, bisnis online yang satu ini berkaitan dengan fotografi. Jadi jika Anda memiliki bakat di dunia fotografi dan suka mengambil gambar plus hasilnya oke punya, jangan hanya disimpan di folder laptop saja, coba keluarkan dan jual di situs royalty-free untuk mendapatkan keuntungan.

Usaha ini terbilang mudah sekali. Di luar sana juga terdapat beberapa situs agen stok foto yang menanti
karya-karya fotografi Anda, silahkan Anda pilih:

  • Alamy
  • Crestock
  • 123rf
  • Shutterstock
  • Dreamstime, dan masih banyak lagi….

Pilih agen yang menurut Anda nyaman dan cocok, kemudian Anda bisa mengunggah beberapa karya fotografi Anda. Tinggal menunggu, setiap ada yang mengunduh foto tersebut (katakan saja pembeli), maka Anda bisa langsung mengantongi komisi dari penjualan tersebut.

Ragam komisi dari bisnis ini bermacam-macam, ada yang 50%, 60%, bahkan menawarkan sampai 75%!!

Membuat dan Menjual Software

Anda memiliki skill membat software? Atau minimal Anda memahami seluk-beluk dunia per-software-an? Jika Anda menyukai dunia tersebut, memiliki skill atau minimal pengetahuan, Anda bisa mengambil kesempatan bisnis membuat dan menjual software.

Usaha ini benar-benar menguntungkan di masa kemajuan teknologi ini lho!

Banyak aplikasi yang betebaran di smartphone, yang dapat diunduh oleh penggunanya, selain untuk alasan praktis juga hiburan. Tentunya aplikasi tersebut menampilkan konten dan fitur-fitur yang mendukung tujuan dari aplikasi tersebut. Misalnya ada:

  • Gojek
  • Grab
  • Snapseed
  • RegrannApp dan sebagainya…

Demi menunjang bisnis, beberapa pengusaha membutuhkan software yang dapat membuat aplikasi untuk diunduh oleh masyarakat di smartphone atau laptop mereka masing-masing. Tinggal diinstal, dan sudah bisa diaplikasikan. Sehingga kesempatan bisnis membuat dan menjual software yang menghasilkan aplikasi bisa menjadi lahan usaha yang sangat menguntungkan sekali.

Menjadi Youtuber

Beberapa orang memiliki bakat berkreasi di depan layar, tampil menarik di depan kamera, dan memiliki kemampuan untuk mengedit atau membuat video yang keren. Apakah Anda salah satunya? Maka Anda wajib bersyukur karena dengan modal tersebut Anda bisa mengambil kesempatan bisnis untuk menjadi seorang youtuber.

Kenal kan dengan nama-nama seperti Ria Ricis, Ata Halilintar, atau Bayu Skak? Nah, mereka telah membuktikan bahwa konten youtube mereka mampu dijual di pasar, dengan kata lain diminati masyarakat, banyak like dan subscribe, sehingga mendatangkan keuntungan tak sedikit bagi mereka.

Anda hanya perlu memiliki skill membuat konten yang menarik, minimal mengerti masalah edit video atau jika tidak Anda bisa menyewa jasa videografer, jika hendak memulai bisnis ini. Raup sebanyak-banyaknya follower dengan mempersembahkan konten yang beda namun fresh.

Siapa yang akan Andajadikan sasaran konsumen? Maka buatlah konten yang saat ini diminati kalangan tersebut. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan zaman ya!

Dengan mengikuti terus update tren terbaru, kemajuan teknologi yang makin pesat tak akan mampu menggerus Anda. Justru akan menjadi peluang yang baik dalam Anda menghasilkan sebanyak-banyaknya uang dalam rekening.

Tak hanya itu, dunia online yang menawarkan segala macam kemudahan dan praktisnya ini, menjadi lahan yang amat luas dalam Anda mencari kesempatan usaha yang cocok dengan passion dan skill yang dimiliki. Jadi jangan sampai Anda tertinggal oleh teknologi ya!

Nah, setelah pembahasan tentang macam 10 peluang usaha online ini selesai, pertanyaannya adalah, kesempatan bisnis mana yang akan Anda coba ambil dan jalankan? (sof)