Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM

Peluang Usaha Kreatif Modal Minimalis, MAU?

Ditengah persaingan pasar terbuka seperti sekarang ini, mau tidak mau kita harus bergerak cepat dan sekreatif mungkin dalam hal apapun. Kalau tidak. Maka kesempatan akan hilang begitu saja. Atau paling tidak akan tersingkirkan secara perlahan.

Tuntutan pasar yang sangat dinamis, serta kebutuhan yang semakin beragam, tentu akan berimbas juga pada perubahan bisnis model. Dalam kondisi seperti ini tentu kita harus pandai-pandai mengambil setiap peluang yang ada.

Namun, dibalik itu semua semua tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya peluang usaha kreatif jadi semakin banyak dan mendapatkan tempat yang layak. Kekurangannya tentu semakin banyak pula pesaingnya. Peluang usaha apa saja itu?

Nah, dibawah ini coba kami rangkumkan 10 peluang usaha kreatif yang dewasa ini mulai banyak dibutuhkan. Beberapa diantaranya masih sangat minim pesaing. Mau tau? Silahkan scroll dan baca artikel ini sampai selesai.

Menjadi Virtual Assisstant

Era digital memang menawarkan berbagai kemudahan yang bisa didapatkan para pelakunya. Seperti hadirnya media sosial dalam menyambungkan komunikasi jarak jauh, portal online yang mampu menyajikan berita dengan sekali klik, dan salah satunya termasuk jasa asisten virtual.

Apakah itu?

Asisten virtual atau virtual assistant adalah seseorang yang dapat membantu pekerjaan Anda dari jarak jauh menggunakan fasilitas teknologi di masa kini. Ketika Anda membuka pencarian di internet tentang VA ini, maka ada beberapa web yang menyediakan jasa VA tersebut.

Nah, apakah Anda salah satu orang yang bisa juga masuk dalam kualifikasi VA?

Jika Anda memiliki suatu skill yang dibutuhkan orang lain, misalnya mengontrol para penulis konten dari suatu media online, atau mampu melakukan data entry terhadap suatu hasil riset, dan sejenisnya, maka tak ada salahnya Anda mengambil kesempatan ikut bergabung menjadi salah satu pelaku bisnis penyedia jasa VA.

Dengan modal marketing yang dibilang cukup murah, Anda bisa menawarkan jasa Anda lewat media- media sosial atau portal penyedia jasa freelancer untuk menarik minat calon konsumen. Sertakan kemampuan Anda, dan bersiaplah mendapatkan keuntungan yang cukup banyak dari bisnis yang satu ini.

Menulis dan Menerbitkan E-book (atau buku asli)

Anda memiliki skill di bidang kepenulisan? Ingin menyalurkannya sekaligus mendapatkan pemasukan tambahan darinya?

Nah, selain membuka jasa kepenulisan artikel, Anda juga bisa menulis sesuai dengan minat Anda di model fiksi atau non fiksi, dengan menerbitkannya dalam bentuk e-book atau bahkan buku asli. Selain mendapatkan benefit nama Anda akan dikenal masyarakat sebagai penulis, ada komisi penulis dan keuntungan hasil penjualan yang bisa Anda kantongi dari menjalankan usaha ini.

Bagaimana caranya?

Anda cukup menulis apa yang Anda minati, jika Anda ingin mempublikasikannya dalam bentuk buku, Anda bisa mencari percetakan buku indie jika ingin buku Anda segera terbit tanpa seleksi. Beberapa percetakan indie menawarkan harga yang harus dibayar, namun beberapa juga menggratiskan namun lewat proses seleksi dulu.

Kesempatan buku Anda lolos segera terbit akan lebih banyak jika dimasukkan di percetakan indie yang berbayar. Jadi, pilihlah percetakan indie yang meskipun berbayar namun Anda mendapatkan keuntungan banyak dari fasilitas yang disediakan, dan harganya dapat dijangkau oleh Anda.

Jika modal Anda tak cukup bagaimana?

Anda bisa mempublikasikannya dalam bentuk e-book, tentunya hal tersebut membutuhkan modal yang jauh lebih sedikit dibanding mempublikasikan karya Anda dalam bentuk buku. Ingin mengambil peluang usaha yang model e-book atau buku? Segera Anda putuskan!

Translator; Peluang Usaha Kreatif Modal Kecil

Saya memiliki kemampuan dalam bahasa asing, baik aktif maupun pasif .Baik, disini kesempatan Anda membuka usaha dengan modal skill berbahasa asing sangat besar sekali. Karena akan banyak yang membutuhkan jasa Anda, baik dalam dunia pendidikan maupun kerja.

Bisnis ini disebut jasa translator. Menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Asing, maupun sebaliknya. Nah, biasanya yang banyak dicari di Indonesia ini adalah yang Bahasa Inggris. Beberapa mahasiswa membutuhkan jasa ini untuk keperluan tugas akhir, artikel yang akan dikirim ke jurnal internasional, seminar internasional, dan sebagainya.

Sedangkan banyak pegawai yang membutuhkan jasa translator untuk keperluan penunjang kerja mereka. Sehingga bisa dikatakan bahwa
bisnis kreatif ini memiliki pasar yang luas bukan?

Anda bisa survei di lapangan kisaran harga jasa translator per halamannya, kemudian setelah harga Anda tetapkan, dengan modal yang Anda punya, Anda bisa memulai usaha ini dengan marketing ke calon-calon konsumen Anda. Jangan lupa menyertakan kualifikasi skill Anda tersebut dalam marketing, karena akan menambah nilai plus kepercayaan calon konsumen kepada jasa yang Anda tawarkan ini.

Menjadi Penyihir Kata / Copywriter

Bagi Anda yang suka dan berminat sekali aktif dalam bidang kepenulisan, mampu mengubah attitude pembaca dengan kata-kata sihir buatan Anda, dan mampu membranding sesuatu, sebaiknya Anda mencoba kesempatan sebagai pelaku bisnis copywriting.

Mengapa usaha ini terbilang cukup menjanjikan?

Di era digital ini, semakin banyak perusahaan maupun personal yang membutuhkan peningkatan marketing demi usaha maupun tujuan mereka masing-masing. Ada perusahaan yang membutuhkan branding, dan ada perseorangan yang membutuhkan branding pula.

Itulah mengapa jasa seorang copywriter sangat dibutuhkan. Selain mampu mempersuasif pembaca, copywriter juga dapat meningkatkan modal markering dari perseorangan maupun perusahaan agar bisa menarik para calon konsumen. Nah, sampai disini Anda pasti bisa membayangkan ya, kenapa jasa seorang copywriter itu berharga sekali?

Maka, jangan sampai skill Anda terpendam begitu saja. Tak perlu modal besar, cukup tawarkan jasa Anda dalam model bisnis pribadi atau masuk dalam jaringan, maka calon konsumen akan segera menghubungi Anda.

Menjual Plugin dan Template WordPress

WordPress salah satu platform CMS terbesar dan paling banyak digunakan diseluruh dunia. Bahkan web-web besar seperti TechCrunch juga menggunakan platform WordPress. Dengan banyaknya pengguna tentu kebutuhan akan kustomisasi tampilan dan fungsi web berbasis WordPress juga semakin meningkat.

Buat orang-orang yang paham coding tentu ini merupakan urusan yang mudah. Tapi buat mereka yang tidak paham sama sekali tentu jadi masalah. Bukan, begitu?

Melihat fakta tersebut, membuat kemudian menjual plugin dan template WordPress tentu bisa jadi peluang usaha kreatif yang bisa Anda kerjakan sekarang juga. Tapi dengan syarat Anda harus paham tentang dunia coding / pemrograman.

Tapi saya tidak tahu harus menjualnya kemana. Tenang, banyak marketplace yang bisa Anda gunakan untuk jualan hasil karya Anda, salah satunya di ThemeForest. Silahkan berkunjung kesana untuk mencari inspirasi.

Menjadi Penyedia Jasa Web Development

Ditengah era digitalisasi seperti sekarang ini, kebutuhan akan website akan terus meningkat. Layaknya sebuah kantor, web punya peranan yang sangat penting untuk membangun kepercayaan dari calon customer. Selain itu juga bisa jadi alternatif buat buka toko tanpa harus punya tanah yang cukup dan lokasi strategis.

Melihat peranan website yang cukup krusial dewasa ini, tentu ini bisa jadi peluang usaha dibidang kreatif yang wajib untuk Anda masuki. Khususnya buat Anda para jiwa muda, atau biasa kita sebut dengan kaum milenial.

Syaratnya cukup paham dunia pemrograman. Jika iya, peluang usaha yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai referensi jika belum tertarik dengan peluang usaha jualan plugin dan template WordPress.

Jasa Editing dan Proofreading

Anda memiliki kemampuan mengedit dan mendeteksi kesalahan atau bagian-bagian penting dari sebuah karya tulis maupun seni yang terlewatkan? Jangan lewatkan kesempatan mengambil peluang usaha sebagais eorang editor dan proofreader ya!

Jasa ini, di era digital sekarang, sangat dibutuhkan sekali. Banyak youtuber, perusahaan, selebgram, sampai perseorangan, bahkan instansi dan pemerintah yang membutuhkan jasa seorang editor untuk mengedit, serta proofreader untuk mendeteksi bagian-bagian penting dari kesalahan dan meperbaiki karya seni dan tulis yang akan ditampilkan pada masyarakat.

Pastinya, pengguna jasa para editor dan proofreader tidak mau kan hasil karya seni dan tulis mereka banyak kesalahan hingga menghilangkan minat dari konsumen?

Jadi itulah mengapa saya katakan bahwa bisnis ini sangat menjanjikan! Segera tawarkan jasa Anda lewat media sosial atau web pribadi Anda, dan tunggu para konsumen mendatangi Anda untuk meminta bantuan Anda.

Pembuatan Tanaman Artifisial

Mulai berkembangnya tren dekorasi rumah yang uunik dan cantik, maka peluang usaha yang bergerak di bidang tersebut makin terbuka lebar juga. Dekorasi manis yang mengadopsi tema minimalis, rustic, vintage, dan sejenisnya mulai menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia.

Selain demi kepuasan, juga untuk meningkatkan rasa nyaman untuk tinggal di dalam rumah. Jika Anda memiliki skill mendesain sekaligus membuat beberapa dekorasi, salah satunya tanaman
artifisial, maka tak ada salahnya Ada mengambil peluang usaha kreatif ini.

Kenapa tanaman artifisial saat ini begitu dicari banyak orang?

Tanaman artifisial terbukti mampu mendatangkan suasana nyaman dalam rumas seperti yang dihasilkan oleh tanaman sesungguhnya, suasana asri, serta para pemilik rumah tak perlu kerepotan harus rajin merawatnya agar tidak mati atau layu.

Nah, sampai disini bisa Anda bayangkan bukan betapa besarnya peluang Anda dalam mendapatkan keuntungan dari peluang usaha ini?

Menggeluti Usaha Kreatif Sebagai Animator

Tak hanya untuk kepentingan hiburan semata, dewasa ini, banyak pihak membutuhkan jasa para Animator demi menunjang kebutuhannya masing-masing. Misalnya para Pengusaha. Mereka
membutuhkan marketing untuk bisnisnya dalam bentuk animasi, apalagi jika pasar mereka adalah kalangan anak-anak.

Selain itu, beberapa Dinas milik pemerintah juga banyak yang saat ini menjadikan animasi sebagai salah satu strategi dalam bersosialisasi dengan tujuan menarik perhatian masyarakat. Usaha ini terbilang cukup sukes, karena secara alamiah manusia tertarik dengan segala sesuatu yang unik dan berwarna, seperti bentuk animasi, dibandingkan bentuk nyata.

Kesempatan yang baik dan tentunya besar ini jangan sampai Anda sia-siakan jika Anda adalah salah satu dari mereka yang memiliki skill dalam bidang animasi.

Sebab, di era modern dengan kemajuan teknologi ini, kemampuan Anda tersebut sangat dihargai dan dapat menghasilkan uang yang banyak. Jika Anda ingin memulai bisnis ini, tak perlu membuka kantor apabila modalnya masih belum banyak.

Cukup tawarkan jasa secara terbuka lewat media sosial, atau kabarkan dari mulut ke mulut, sambil jangan lupa menyertakan kualifikasi skill Anda tersebut, maka yang membutuhkan jasa akan segera mendatangi Anda.

Desainer Pakaian

Fashion memang menjadi salah satu kebutuhan yang cukup dibutuhkan di era kemajuan sekarang ini. Tren fashion yang terus berkembang, membuat semakin banyak pengusaha dalam bidang fashion tersebar di negara kita ini. Baik dalam fashion anak-anak sampai dewasa, maupun fashion modern sampai islami.

Peluang usaha yang mencakup bidang fashion memang menarik, pangsa pasarnya besar, dan sifatnya sungguh dinamis, mengikuti tren.

Nah, selain bisnis dalam pengadaan pakaian sebagai salah satu kebutuhan fashion masa kini, terlepas memang pakaian adalah kebutuhan primer, menjadi desainer pakaian juga merupakan bisnis yang cukup menjanjikan.

Bagaimana bisa?

Bisa saja! Sebab dengan hadirnya para desainer, akan memudahkan para pengusaha mode untuk membuat style terbaru mereka yang up to date tanpa harus mencotoh produk lain dan hasilnya bisa jadi sama, kemudian disebut sebagai plagiat.

Selain dibutuhkan oleh para pengusaha mode, bisnis jasa desainer pakaian juga dibutuhkan perseorangan yang membutuhkan untk membuat pakaian pribadi atau keluarga guna dipakai untuk beberapa acara pribadi. Tentunya masih dengan tujuan sama, yaitu style yang hanya satu dan tidak dikembari oleh yang lainnya.

Nah, setelah membaca 10 peluang usaha kreatif tersebut, skill apa yang Anda miliki dan mana jenis bisnis yang akan Anda ambil sekarang? Siap memulainya bukan? (sof)