Media Sosial Ini Sangat Cocok untuk Jualan Online

Berbisnis secara online memang tidak bisa lepas dari media sosial yang ada. karena segala bentuk komunikasi dan proses penjualan dilakukan melalui internet. Sampai saat ini banyak sekali usaha-usaha online yang dibuka melalui media sosial. Walaupun tidak menutup kemungkinan kalau sebagain juga gemar membuka usaha mereka melalaui website atau blog.

Sekarang melalui media sosial kita tidak hanya bisa menambah teman, tetapi juga bisa membuka usaha yang menjanjikan. Tidak heran jika para pengusaha konvensional pelan-pelan melakukan perubahan yang awalnya offline sekarang menjadi online.

Apalagi sekrang kita berada di era digital. Yang mana perkembangan teknologi semakin pesat. Sudah sepantasnya kita menikmatinya dengan tidak lagi bersusah-susah membuka bisinis kita. Zaman sekarang, walau hanya bermodal HP siapa saja bisa menjadi pengusaha. Apalagi semakin berkembangnya dunia digital saat ini menuntut kita untuk terus mengeksplorasi pola berbisnis agar tidak lagi ketinggalan zaman.

Jejaring sosial ataupun sosmed merupakan salah satu alternatif berbisnis yang saat ini menjadi tren tersendiri di tengah-tengah masyarakat. Selain membawa kemudahan, jejaring sosial akan menjadi wadah pemasaran yang sudah sangat lazim di kalangan pengusaha. Baik dari pengusaha besar maupun kecil semuanya mulai merambah dan mengembangkan pola pemasarannya dengan media-media sosial.

Dari sekian banyak media sosial yang ada, tentu kita harus tahu mana yang paling banyak digunakan dan menjadi peluang untuk membuka bisnis ini. Berikut ini adalah beberapa media sosial yang dianggap paling efektif untuk membuka usahamu.

Facebook

Bagi kalian yang sudah sangat sering menggunakan media sosial, pasti sudah sangat paham seberapa efektifnya facebook digunakan sebagai media berdagang online. Kebanyakan para pengguna media sosial yang satu ini tidak akan menyia-nyiakan keuntungan tersebut. Sehingga tidak heran jika saat ini banyak sekali lapak jualan yang memenuhi beranda facebook kalian.

Bisnis online menggunakan facebook ini bisa kalian lakukan dengan membuat grup misalnya. Dalam grup tersebut akan diisi beberapa orang yang secara suka rela bergabung dan melihat lapak milikmu. Atau grub ini bisa terdiri dari beberapa orang yang bisa memasarkan lapak jualan mereka kapanpun mereka mau. Jadi masing-masing anggota memiliki hak sebagai pelapak dalam grup tersebut.

Atau jika mau, kamu bisa membuat fan page guna mempromosikan berbagai produk yang dijual. Jangan lupa untuk menambahkan informasi mendetail tentang jenis dan bentuk usahamu dan sesering mungkin mengisinya dengan konten-konten yang menarik seputar bisnismu. Jika ingin menambah pengikut fan page ini, kamu bisa menggunakan fitur Ads. Dengan fitur periklanan ini kamu akan mendapat tambahan pengikut yang lumayan.

Facebook memang salah satu media yang cukuk efektif untuk membuka usaha online. Itu karena menurut penelitian facebook ini adalah media sosial yang paling banyak digunakan. Dibandingkan media-media lain. Prosentase penggunanya mencapai 60:40 jika dibandingkan dengan pengguna media-media lain. Jadi untuk kamu yang hendak memulai usaha jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan media yang satu ini.

Instagram

Media sosial yang kedua adalah instagram. Media yang satu ini memang masih kalah sepuh dibanding dengan facebook dan lainnya. Walaupun demikian, tidak sedikit para pengusaha yang menjulang kesuksesannya melalui media yang satu ini. Bahkan media sosial ini dianggap media paling efektif setelah fecebook untuk berbisnis secara online di pasar Asia.

Apalagi kita tahu bahwa Instagram memiliki keunikannya tersendiri dibandingkan media-media lain. Dari segi fitur, media ini memang lebih banyak menyajikan kesegaran khas anak muda. Seperti yang kita tahu bahwa aplikasi ini lebih menjual melalui gambar dan video. Dengan begitu para calon-calon pembeli bisa secara jelas melihat dan mengamati jenis produk, ukuran dan warna barang yang hendak dibeli.

Gambar-gambar yang disajikanpun juga bisa ditata sedemikian rupa sesuai konsep yang diinginkan. Sehingga akan semakin menambah daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Sesuai prinsipnya, di zaman sekarang kita akan lebih tertarik membaca informasi melalui gambar dan video katimbang secara monoton melalui tulisan. Begitu juga dengan berjualan, melalui gambar dan video ini tentu akan menjadikan para pengunjung betah berlama-lama melihat dan mengamati barang yang kamu jual.

Tidak heran jika semakin ke sini banyak sekali orang yang menjadikan Instagram sebagai media utama untuk menggantungkan nasib kehidupan mereka. Itu karena kelebihan yang dimiliki dibanding aplikasi-aplikasi lain. Apalagi semakin kesini pengguna instagram semakin banyak. Dan pada dasarnya dimana ada keramaian di situ akan ditemukan peluang usaha yang menjanjikan.

Twitter

Sedangkan untuk media sosial ketiga yang dianggap paling efektif untuk jualan online adalah twitter. Walaupun twitter tidak selues media-media lain dalam memasarkan produk jualanmu. Tapi tidak jarang rupanya masyarakat yang masih menggantungkan usahanya melalui media ini. Keterbatasan twitter sebagai media online memang kadang membuatnya tertinggal dari media-media lain seperti facebook dan instagram. Tapi jika kamu termasuk orang yang telah memiliki follwer banyak, saya kira jadi masalah untuk berjualan menggunakan media ini. Kamu cukup berinteraksi dan mengamati apakah followers kamu kebanyakan wanita atau pria. Jika wanita maka buatlah konten-konten lapak yang berhubungan dengan mereka. Begitu juga sebaliknya.

Youtube

Bagi yang aktif berselancar menggunakan media ini. Barang kali sudah paham betul kalau media ini juga menjadi media yang sangat berguna untuk membuka lapak online kamu. Apalagi melihat perkembangan kecenderungan dan minat masyarakat saat ini yang mulai bergeser. Dulu masyarakat lebih suka membaca artikel-artiket di internet. Tpi sekarang kecenderungan tersebut bergeser menjadi minat dan kecenderungan membaca sesuatu hal yang lebih interaktif dan menarik. sekarang ini masyarakat lebih tertarik untuk melihat gambar dan video. Sehingga saat ini youtube memang sedang digandrungi oleh masyarakat luas.

Selain itu, kecenderungan para pengguna aplikasi ini juga sangat sadar akan pergeseran ini. Mereka yang dulu mengekspresikan diri melalui blog atau website, sekarang banyak dari mereka yang beralih menjadi vloger di youtube. Hal ini tentu menambah deretan keuntungan bagi kamu yang menggunakan youtube sebagai piranti untuk memulai bisnismu. Ditambah lagi di negara kita kualitas internetnya semakin ke sini semakin membaik. tentu akan sangat mudah bagi kita mengaplikasikan media-media sosial yang berbasis gambar dan video seperti youtube ini.

Kamu bisa memulainya hanya dengan membuat akun youtube terlebih dahulu. setelah itu mulailah mengkonsep bagaimana kamu hendak mempromosikan jualanmu. setelah konsepnya matang kamu tinggal take video melalui kamera HP atau menyewa jasa profesional untuk merekam dan mengunggah video yang kamu buat. Jangan lupa untuk meminta penonton chanel kamu untuk mensubscribe dan menyukainya. Setelah itu, jangan lupa promosikan video tersebut melalui media-media sosial lainnya. Biar yang nonton dansubscriber chanel kamu semakin banyak.

Itulah beberapa media sosial yang bisa kamu jadikan alat untuk membuka peluang usaha online saat ini. Selain menambah relasi, tidak ada salahnya juga kalau kita membuka peluang usaha melalui media-media sosial ini. Lagi pula semakin kesini Indonesia semakin menyadari bahwa dunia digital semakin banyak manfaatnya untuk memberdayakan kehidupan masyarakatanya. Jadi tidak ada salahnya mengadu nasib melalui media-media ini.

Leave a Reply

Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM