bisnis online untuk mahasiswa dan pelajar

Bisnis Online untuk Mahasiswa / Pelajar Ini Terbukti Bisa Menambah Uang Saku

Era digital memang menawarkan berbagai kemudahan dalam kehidupan manusia saat ini.

Tak hanya masalah urusan rumah tangga atau pendidikan, bahkan dalam urusan mencari uang-pun bisa semakin mudah dengan kemajuan teknologi.

Salah satunya adalah semakin maraknya berbagai usaha yang bisa dilakukan secara online.

Tentu saja hal tersebut semakin menguntungkan mereka yang menginginkan untuk memiliki bisnis sendiri, namun sedikit terkendala masalah modal atau waktu.

Sebut saja mereka, para Mahasiswa dan Pelajar yang masih harus menjadikan prioritas waktu utama untuk belajar.

Selain terkendala waktu dalam mengelola bisnis yang dijalankan, mahasiswa maupun pelajar juga rata-rata memiliki masalah dengan modal usaha, sehingga untuk membuka sebuah bisnis besar, hal tersebut bisa dikatakan masih sulit.

Nyatanya, meskipun secara waktu maupun modal masih menjadi kendala, banyak mahasiswa maupun pelajar dewasa ini justru tertarik memiliki usaha sendiri dengan alasan sebagai berikut:

  • Dapat menjadi tambahan uang saku
  • Membantu meringankan beban orangtua
  • Mencoba tantangan baru di dunia bisnis atau kerja
  • Ingin memperluas jaringan
  • Mengisi waktu luang

Dengan berbagai alasan tersebut, dan pertimbangan kendala yang dimiliki, akhirnya bisnis online menjadi salah satu bahkan yang paling diminati oleh mahasiswa dan pelajar.

Selain tak banyak membutuhkan modal di awal-awal, juga karena bisa dilakukan secara paruh waktu, sesenggang mereka, tanpa harus meninggalkan waktu utama mereka untuk belajar dan menuntut ilmu.

Usaha berbasis teknologi lewat dunia maya memang cukup menggiurkan. Tak hanya bisa menjangkau jaringan dengan sangat luas dan hampir bisa dikatakan tak terbatas, namun juga mampu dilakukan tanpa harus berpanas-panas di luar rumah, bahkan sambil duduk atau tiduran saja.

Nah, bagi yang masih berstatus sebagai mahasiswa atau pelajar, dan ingin mencoba bisnis online namun masih bingung apa jenis usaha yang akan diambil untuk jalankan, 10 jenis bisnis online untuk mahasiswa dan pelajar dalam artikel ini bisa menjadi rekomendasi.

Kami akan membahasnya lengkap, mulai dari model usahanya sampai keuntungan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis ini.

Online Shop

Bisnis berbasis online yang satu ini memang yang paling terkenal dan digandrungi oleh siapapun.

Baik mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, bahkan mereka para pekerja kantoran sampai PNS yang ingin menambah pemasukan secara harian.

Selain tak membutuhkan banyak modal untuk membangunnya di awal, usaha ini juga bisa dijalankan tanpa harus banyak menyita waktu, maupun mengeluarkan tenaga yang besar untuk keluar rumah atau melakukan hal-hal yang berat.

Kamu bisa menjalankan bisnis ini dari rumah atau dimanapun, bagi para Mahasiswa maupun Pelajar bisa juga saat waktu istirahat atau senggang.

Model usaha ini tak rumit, ada berbagai macam model online shop yang bisa Kamu pilih:

  • Menjadi Dropshiper
  • Menjadi Reseller
  • Menjadi Owner

Jika kamu memilih menjadi dropshiper, maka keuntungannya kamu tak harus mengeluarkan modal sama sekali, cukup menawarkan barang usaha milik orang lain, pengiriman ke pembeli atas nama toko online sendiri dan telah diatur oleh pihak produsen, serta keuntungan penjualan menjadi milik kamu.

Jika kamu memilih menjadi reseller, biasanya kamu diwajibkan membeli barang dulu untuk kemudian kamu jual dengan keuntungan yang bisa diatur sendiri, dan masalah pengiriman serta pengemasan juga dalam kendali serta pengawasan kamu sehingga barang bisa terjamin sampai ke pembeli dengan aman.

Nah, jika kamu memilih menjadi owner, maka kamu harus memiliki barang produk usaha sendiri, dimana bisnis model ini tentunya memerlukan modal yang tak sedikit juga.

Lalu, untuk mahasiswa dan pelajar sebaiknya online shop jenis apa yang cocok?

Tentunya, jika memiliki kendala waktu dan modal, kamu sebagai mahasiswa atau pelajar sangat cocok dengan online shop yang berbasis dropshiper atau reseller produk maklon kosmetik.

Selain tak memerlukan modal cukup banyak, juga kamu tak perlu memusingkan banyak hal untuk menyediakan produk usaha karena kamu bisa langsung mengambilnya dari produsen.

Jasa Desain Online

Bagi kamu para Mahasiswa atau Pelajar yang memiliki bakat serta menyukai dunia desain, tak ada salahnya menjadikan skill tersebut sebagai modal utama untuk membangun bisnis online yang bisa mendatangkan keuntungan cukup banyak.

Kamu bisa menawarkan usaha lewat media sosial pribadi, membuat blog gratisan sebagai media marketing, di 99designs atau jika kamu memiliki cukup modal maka bisa membuat web berbayar untuk menunjang marketing bisnis tersebut.

Model usaha jasa desain online ini sangat marak dewasa ini, dan tentunya, para pelaku usaha ini kebanyakan memang para mahasiswa, beberapa juga ada pelajar yang telah memiliki kemampuan dalam hal mendesain.

Desain online yang dibutuhkan konsumen biasanya yang berbasis desain visual, mereka membutuhkan untuk keperluan pekerjaan, pendidikan atau pribadi.

Selain bisa menghemat tenaga kamu dengan menjalankan bisnis tanpa harus keluar rumah, usaha ini juga bisa menjadi waktu refreshing tersendiri melepas penat dari rutinitas sebagai mahasiswa atau pelajar yang penuh dengan tugas dan ujian bukan?

Meskipun untuk menjalankannya kamu juga membutuhkan cukup waktu agar pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik, sehingga kamu perlu pandai-pandai membagi waktu saat harus menjalankan pekerjaan desain, marketing usaha, dan prioritas utama sebagai seorang mahasiswa atau pelajar.

Jangan ditanya berapa keuntungan yang kira-kira bisa kamu dapatkan dari bisnis ini, karena jika tekun menjalankannya, usaha ini bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang tak sedikit lho!

Online Programmer

Bisnis online yang satu ini memang cocok bagi kamu mahasiswa jurusan IT atau yang menyukai dunia berbau IT.

Selain bisa semakin mengembangkan bakat, menyalurkan hobi, usaha ini juga bisa menghasilkan keuntungan yang tak sedikit!

Kamu bisa menawarkan secara online jasa pembuatan blog atau web, optimasi maupun maintenance-nya.

Mereka yang membutuhkan akan segera berdatangan, apalagi jika kamu memperkenalkan produk-produk unggulan buatan kamu yang bisa menjadi daya tarik bagi konsumen.

Memang, untuk menjalankan bisnis ini, apalagi jika kamu masih mahasiswa atau pelajar, perlu pintar-pintar dalam membagi waktu agar dalam menjalani bisnis tak menyita banyak waktu untuk belajar.

Penerjemah Online

Usaha ini sepertinya cocok untuk para Mahasiswa jurusan bahasa asing, atau pelajar yang memiliki kemampuan lebih dalam menguasai bahasa asing.

Selain bisa mengasah kemampuan, usaha model ini juga tak terlalu banyak menyita waktu lho!

Karena kamu bisa mengerjakannya di waktu senggang, dengan deadline yang bisa dibuat sendiri kemudian tawarkan pada konsumen, tentunya juga tak membutuhkan modal yang banyak.

Kamu bisa menawarkan bisnis ini secara online lewat media sosial atau blog pribadi.

Catatan pentingnya adalah, bagi kamu yang masih memiliki kelemahan dalam membagi waktu, sebaiknya tak menerima order terjemahan yang membutuhkan waktu cepat untuk penyelesaiannya.

Kamu terima saja order terjemahan dengan deadline yang bisa kamu sesuaikan dengan waktu senggang kamu sendiri.

Online Writer

Kamu menyukai dunia literasi atau tulis-menulis? Nah, sepertinya jenis bisnis ini cocok untuk menjadi usaha sampingan menambah uang saku sekaligus mengisi waktu luang kamu sebagai mahasiswa atau pelajar.

Kamu bisa menawarkan jasa kepenulisan artikel melalui media sosial atau blog pribadi, dan menawarkan harga serta deadline dan beberapa benefit yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan kamu.

Misal, kamu menerima penulisan artikel untuk mengisi web orang, atau untuk perseorangan, atau untuk media promosi beberapa pelaku usaha.

Nah, sesuaikan harga dengan jumlah kata yang kamu buat dalam artikel, buatlah range-nya sesuai harga pasar agar tak terlalu mahal atau juga terlalu murah.

Sambil kamu mengisi wkatu luang, menyalurkan hobi dan semakin mengasah kemampuan dalam dunia tulis-menulis, kamu bisa menambah uang saku cukup banyak bukan dengan menjalankan bisnis ini? Cobalah!

YouTuber

Yang sedang trending akhir-akhir ini adalah munculnya para youtuber atau pelaku bisnis online menggunakan aplikasi youtube untuk memposting video konten-konten mereka demi mendapatkan keuntungan darinya.

Sebut saja Ria Ricis atau Atta Halilintar, dengan jumlah subscriber yang banyak sehingga penghasilan mereka pun sudah mencapai angka puluhan juta sendiri tiap harinya!

Nah, jika kamu seorang mahasiswa atau pelajar yang menggilai dunia entertain, berbasic video dan kreatif dalam membuat konten untuk dinikmati orang dari aplikasi youtube, tak ada salahnya kamu mencoba bisnis online yang satu ini.

Selain menyalurkan hobi dan bisa dikenal banyak orang, penghasilan kamu pun bisa sangat banyak lho!

Namun yang perlu diingat adalah, kamu perlu benar-benar pandai membagi waktu agar tugas utama sebagai mahasiswa atau pelajar tetap bisa kamu laksanakan dengan baik, karena menjadi YouTuber juga cukup menyita waktu.

Buzzer

Tak ingin mengeluarkan banyak uang untuk modal dan juga tak mau tersita banyak waktunya sebagai seorang pelajar atau mahasiswa? Sepertinya bisnis online yang satu ini cocok nih untuk kamu jalankan.

Apa itu buzzer? Buzzer adalah mereka yang aktif membagikan postingan atau artikel dan semacamnya dari suatu web atau blog milik produsen, untuk mendapatkan banyak like dan view sehingga menghasilkan banyak keuntungan darinya.

Meskipun kelihatannya tugas buzzer itu sepele dan hampir membosankan, namun jika kamu menekuninya dengan baik, tidak bosan, dan tidak patah semangat di tengah jalan, kamu bisa mengantongi sampai satu juta dalam sehari lho!

Paid Survey

Kamu tertarik dengan dunia survey online? Model bisnis ini sepertinya cocok untuk kamu jalankan, sambil tetap menjalankan prioritas utama sebagai mahasiswa atau pelajar.

Selain tak banyak menyita waktu, kamu juga tak membutuhkan banyak modal untuk memulai dan menjalankan bisnis ini.

Kamu cukup meluangkan waktu selama 10 sampai paling lama 30 menit untuk mengisi survey online berbayar dan kemudian kamu bisa mendapatkan keuntungan darinya.

Kekurangannya sih, kamu tak bisa membangun jaringan terlalu besar karena kamu tak memiliki badan usaha milik pribadi kecuali jika kamu membangun semacam bisnis surveyor online yang siap menerima order menjadi surveyor atau pengisi survey.

Namun untuk itu, kamu memerlukan modal dan juga pengelolaan yang membutuhkan waktu lumayan besar.

Menjual Ebook

Jika kamu, mahasiswa atau pelajar yang ingin memiliki tambahan uang saku, tapi tak memiliki banyak modal untuk usaha, maka menjual e-book berisi materi kuliah, pembelajaran, ilmu pengetahuan, atau bahkan resep-resep masakan sampai beberapa tips pribadi bisa menjadi pilihan yang tepat.

kamu bisa membuat e-book sendiri dari hal-hal yang kiranya mampu kamu rangkum dan tulis untuk kemudian di jual melalui cara online lewat media sosial dan blog pribadi.

Jika kamu kesulitan membuat e-book sendiri, kamu bisa menjualkan e-book orang, menawarkannya dan mengambil keuntungan dari hasil penjualan.

Bisnis tersebut cukup menguntungkan mengingat tak banyak menyita waktu dan tak membutuhkan modal banyak, juga pangsa pasar yang luas karena dewasa ini e-book sangat digemari.

Yang perlu kamu ingat adalah, jika kamu ingin membuat e-book berdasarkan data atau tulisan orang maka jangan sampai melanggar hak cipta atau membuat plagiasi, karena akan merugikan diri maupun bisnis kamu sendiri.

Online Tutor

Tak hanya bisa dilakukan di dunia nyata, menjadi tutor atau membuka pelatihan privat juga bisa kamu lakukan secara online lho!

Kamu bisa menawarkan sebuah video atau media yang menyajikan materi berisi ilmu pengetahuan atau pelatihan di beberapa bidang tertentu sesuai dengan skill kamu, untuk dijual atau diberikan dalam sesi pelatihan online kepada para murid.

Tawarkanlah jasa tutor online lewat media sosial atau blog pribadi, bahkan bisa kamu sebar pula lewat blog-blog orang lain, untuk menarik minat para calon murid.

Bisnis ini menguntungkan sekali, selain bisa mendapatkan penghasilan besar, juga bisa semakin mengembangkan potensi kamu karena terus diasah dengan menjadi tutor.

Sistem yang kamu tawarkan bebas, bisa dengan memberikan pelatihan online dalam jangka waktu tertentu, atau langsung menjual video atau media tutorial buatan kamu.

Nah, dari 10 model bisnis online di atas, mana kira-kira nih yang bakal kamu pilih untuk dijadikan usaha sampingan sambil menjalankan tugas utama kamu sebagai mahasiswa atau pelajar?

Jangan lupa dianalisis dulu ya, baik waktu, maupun kesiapan kamu dalam menjalankannya. Semoga sukses! (sof)

Leave a Reply

Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM